Senin, 07 Juli 2008

Rm. Rio Mursanto SY



KERJA KERAS DAN RENDAH HATI

Sesudah lulus SMA tahun 1976, rasanya tidak pernah bertemu lagi. Dan sesudah lebih 30 tahun tidak bertemu, Rio Mursanto masih seperti dulu: santun, tenang, rendah hati, senang kerja keras dan tetap kurus. Waktu di SMA, setiap tahun Rio naik klas dengan predikat Cum Laude dan mendapat penghargaan khusus. Tak ada yang meragukan otaknya yang encer dan tak ada yang iri karena prestasinya itu, lantaran Rio tak pernah menyombongkannya.

Sebagai imam Yesuit, bertahun-tahun Rio bertugas sebagai Direktur SMA Kanisius Jakarta. Sempat beberapa tahun bekerja di Manila dan kini bertugas di Semarang, sebagai Ketua Yayasan Loyola. Di samping itu, Rm. Rio masih merangkap sebagai kepala sekolah pertukangan.

Rm. Rio datang ke Roma untuk mengikuti Konggregasi Jenderal (KJ) Yesuit yang berlangsung dari 7 Januari hingga awal Maret 2008. Dalam KJ ke-35 ini terpilih Pater Adolfo Nicolas (71) sebagai pimpinan baru Yesuit. Sebelum terpilih, Rm. Rio tinggal bersama Pater Adolfo di Collegio del Gesu. Setiap pagi mereka berjalan kaki bersama (sekitar 2 Km) menuju tempat pertemuan KJ. Namun, sesudah terpilih, Pater Adolfo langsung dipindahkan ke Generalat Yesuit di kawasan Vatikan.

Terima kasih Rm. Rio, sudah menyempatkan mampir dan makan siang bersama di komunitas kami. Selamat berkarya.

Heri Kartono.

(Rm.Rio sekarang menjadi Propinsial SY).

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah berarti Romo Rio itu senior saya langsung lho. Beliau lulus SMA tahun 1976 dan saya lulus tahun 1977. Tapi, maaf ya...Romo...maaf....wajah Romo mengingatkan saya akan kakek saya....maaf!

Heri Kartono mengatakan...

Hahaha..awas lho, tak bilangin orangnya!
Memang sesudah lama nggak ketemu, aku lihat ubannya banyak, lebih banyak dari ubanku.
Bedanya, uban Rm.Rio tanda kebijaksanaan, sementara ubanku tidak lebih dari tanda ketuaan!!
Trims sudah ikut membaca.
HK.

Unknown mengatakan...

Betul koq, menurut kabar yang bisa dipercaya, Romo Rio itu sekarang menjabat sebagai provinsial SY. Sudah layak dan sepantasnya!

Ignatius Waluyo mengatakan...

Kalau inget nama Rio Mursanto ..... saya jadi inget temen sekolah saya duluuuuuu (jaman Majapahit hehehe) tepatnya di SD Kanisius Pendowo Wetan, dari kelas satu sampai kelas enam sekelas terus dan Rio Mursanto ini selalu juara satu tiap terima Raport.

Pertanyaan saya kepada Romo Rio Mursanto ..... apa benar ya Romo itu dulu SD nya di SDK Pendowo Wetan Magelang ?

Matur nuwun

Temen sekelas

Ignatius Waluyo
ignatius.waluyo@yahoo.co.id