Selasa, 07 Oktober 2008

Devie Kusumaputri


KETIKA NONI BERTUTUR

Nama resminya Devie Kusumaputri, namun biasa dipanggil Noni. Orangnya gampang akrab karena memang pandai bergaul. Ia bisa menempatkan diri dengan tepat dalam banyak tempat dan situasi. Yang paling menyolok dari anak Jakarta ini adalah kemampuan verbalnya dalam berceritera. Ceritera yang sederhanapun, lewat mulutnya menjadi memikat. Gaya berceritera, intonasi maupun pemilihan kata-katanya serba pas. Di atas semuanya, kita bisa merasakan bahwa ia berceritera sepenuh hati.

Sebetulnya bukan hanya dalam berceritera Noni memikat. Dalam bergaul, berkomunikasi dengan orang lain, Noni pandai membuat lawan bicaranya betah. Barangkali alasan paling mendasar, Noni memiliki kepribadian yang baik. Ia tumbuh dalam keluarga yang rukun. Dengan papi, mami serta Eka, kakaknya, Noni merasa nyaman. Satu sama lain memiliki rasa keterikatan yang tinggi. Di manapun mereka berada, selalu ada keinginan untuk berkontak, bersenda gurau. Dan itulah yang mereka lakukan. Dan itu pula yang pada gilirannya saling memberi kekuatan.

Papi-mami Noni adalah orang tua yang telah makan asam garam kehidupan. Kehidupan agama mereka sehat dan kuat. Barangkali karena kedua orang tua ini menemukan serta menghayati imannya lewat pengalaman konkrit hidup mereka. Dalam beberapa peristiwa penting, mereka merasa Tuhan memberi jalan, mengasihi mereka. Suasana iman orang tua yang kental ini diwariskan kepada kedua anak mereka, termasuk Noni.

Tiga hari bersama Noni dan kedua orang tuanya adalah hari-hari yang menyenangkan. Terima kasih sudah mengenal Noni, juga papi dan mami. Salam untuk papi yang rupanya terkesan dengan orang Aceh!

Heri Kartono.

4 komentar:

Rosiany T.Chandra mengatakan...

Nonik yang "hidup" ini,biasanya pasti memukau dan ga mbosenin!

Salam,
Sian

Heri Kartono mengatakan...

Sekurang-kurangnya selama 3 hari aku menikmati ceritera2nya yang seru. Nggak tahu kalau 3 tahun hehehe...
Thanks ya sudah memberi komentar.
Salam,
HK.

Anonim mengatakan...

Noni adalah contoh nyata kalo orang tua mendidik anak dalam suasana komunikasi yang baik, maka hasilnya juga ok banget...
Kita mesti belajar resepnya nih..


Rgds,
Diana

Heri Kartono mengatakan...

Aku juga setuju. Pendidikan dan suasana yang baik dalam keluarga akan menjadi fondamen yang kuat bagi pertumbuhan anak. Keluarga Noni adalah salah satu contohnya.

Trims sudah ikut memberi komentar.
Salam,
HK.