Senin, 29 September 2008

André Notelaers OSC






SEHAT DAN MENIKMATI HIDUP

André Notelaers OSC, salah satu anggota komunitas kami, hari ini merayakan 50 tahun hidup membiara (29/09/08). Perayaan diadakan secara sederhana di antara kami saja. Selain misa di Gereja, kami rayakan dengan makan siang bersama. James Hentges membuat steak yang empuk dan enak, sementara ibu Maria membuat pasta dan dolce spesial. Ruang makan dihias khusus oleh James, ketua rumah kami.

André Notelaers orang yang lurus hatinya. Ia baik dan gampang jatuh kasihan pada nasib orang lain. Kebaikan hatinya kerap dimanfaatkan orang jahat. Beberapa kali ia ditipu mentah-mentah. Pernah, kami semua marah atas kebodohannya. Ia sendiri juga ikut menyalahkan dirinya. Maklum, nilai uang yang dilarikan si penipu waktu itu lumayan besar jumlahnya. Meski demikian, ia tak pernah kapok berbuat baik, menolong orang lain.

André orang Belgia, berbahasa Belanda. Sebelum pensiun, ia lama bekerja sebagai guru bahasa Perancis di negerinya. Di rumah kami, ia yang paling mahir berbahasa Italia. Ia mengerti bahasa Inggris namun nampaknya ia tidak menyukai bahasa tersebut dan selalu menghindar berbahasa Inggris. Ia juga pernah beberapa tahun tugas di Kongo, Afrika, mengajar bahasa Perancis.

Usianya sudah 70 tahun lebih, namun fisiknya tergolong prima. Setiap pagi ia bersepeda minimal setengah jam. Malam hari, sesudah makan, ia masih berjalan kaki, juga 30 menit. Bila cuaca sedang bagus dan ia tidak sibuk, ia senang jalan-jalan keliling kota atau bersepeda seharian. Ia bisa makan segala, namun ia tahu benar memilih makanan yang sehat. Ia juga amat suka minum anggur, es krim dan dolce. Semuanya dalam porsi yang wajar. André memang tahu bagaimana menikmati hidup.

Di Roma, André bertugas sebagai rektor gereja kami. Ia amat menyukai tugasnya. Sebagai seorang biarawan, ia selalu tekun memenuhi kewajiban doa harian dan misa. Kewajiban doa sudah mendarah daging baginya. Lima puluh tahun bukan waktu yang singkat. Dengan segala kelemahannya, ia selalu berusaha menjadi seorang biarawan, seorang manusia yang baik. Kami bersyukur memiliki konfrater sebaik André.  Tanti auguri amico!

Heri Kartono.

3 komentar:

Rosiany T.Chandra mengatakan...

Dolce itu apa ya?

Sepertinya hidup di biara banyak variasi juga ya.Banyak yang datang dan pergi...dari berbagai penjuru pula untuk satu misi yang sama.

Life is beautiful!

PS:Congrats untuk Pst.Andre.50 tahun bukan waktu yang singkat

Heri Kartono mengatakan...

Dolce artinya manis. Tapi kata ini untuk makanan berarti kue-kue (yang memang manis), disajikan sebagai penutup rangkaian acara makan lengkap, tentu saja biasanya plus kopi.

Hidup di biara memang bervariasi. Mau tuker? Hehehe.
Salam,
HK.

Rumah Kita mengatakan...

Mo..dolce juga untuk istilah musik lho ..ternyata bs utk makanan jg ya ?? kalo di Indo adanya "dorce"