Rabu, 04 November 2009

Christian Handoko


PALING BAHAGIA

Christian Handoko barangkali merupakan orang yang paling bahagia saat peresmian Gua Maria Regina Rosarii (31/10/09). Disaksikan Mgr. Johanes Pujasumarta Pr serta umat yang hadir, Chris mendapat kalungan bunga khusus dari pastor paroki. Leonardus Bambang Pr, pastor paroki Bunda Maria, Cirebon, mengatakan bahwa Chris telah bekerja keras demi terwujudnya komplek Taman Doa. Hal senada disampaikan juga oleh Leo Budiarto, penggagas berdirinya Gua Maria.

Chris memang orang yang amat berperan dalam terwujudnya Gua Maria baru di Cirebon. Dialah yang merancang sekaligus mengikuti perkembangan pembangunan kompleks tersebut. Gua Maria yang berlokasi tepat di belakang gereja paroki Bunda Maria ini, dirancang Chris selama dua minggu. Chris, yang pernah merancang pelbagai bangunan ini merasa lega. “Ada kepuasan tersendiri merancang kompleks Gua Maria dibanding merancang bangunan lain”, aku Chris. Salah satu hal yang membuat arsitek lulusan Unpar ini senang, adalah adanya dukungan serta antusiasme umat yang amat besar. “Dukungan, termasuk dalam pendanaan, tidak hanya dari paroki kami saja, tapi juga dari banyak paroki lain”, tutur Chris.

Bagi Chris, kelahiran Cirebon (18/12/82), keterlibatannya di dalam lingkungan gereja bukanlah hal yang baru. Sejak masih remaja ia sudah menjadi organis di parokinya. Ia memang pandai bermain organ, juga biola. Saat kuliah di Bandung, Chris bergabung dengan grup orkes Light the World Orchestra pimpinan Iryanto dan Laurentius Chamber Orchestra. Masih soal musik, saat kuliah pula Chris bergabung dengan St. Lucia Choir untuk pelayanan di gereja bersama teman-teman kampus. Nampaknya bakat Chris di bidang arsitek dan seni tidak ingin ia nikmati sendiri melainkan ia abdikan juga demi Gereja kesayangannya.

Heri Kartono (dimuat di HIDUP edisi 6 Desember 2009).

3 komentar:

Lucas Nasution mengatakan...

"komplek Taman Doa" - istilah yang bagus (dan baru saya dengar kali ini) - semoga tumbuh bunga iman dan "awareness" (meminjam de Mello SJ) disana

triastuti mengatakan...

Duuh bahagianya punya talenta begitu banyak dan bisa menyumbangkannya dengan setia bagi Tuhan dan sesama. Proficiat untuk Christian Handoko ya Romo dan proficiat untuk Paroki Bunda Maria, Cirebon, untuk Gua Maria Regina Rosarii. Salam dalam doa dan kasih melalui perantaraan doa Bunda Maria

JP Isnaryono DS mengatakan...

baca sekelumit ttg Christian ini
aku ingat bhw mestinya aku sempet deket. bahkan deket sekali.

salam untuk Chris
benih2 yg tersemai sejak remaja
terpupuk pada lingkungan yg tepat
sekarang mulai mekar dan tumbuh
bahkan Cirebon sdh merasakan manis buahnya...