Senin, 14 Desember 2009

P. Sunu Sukmono Wasi Pr.


RAMBUTPUN IKUT BERUBAH!

“Saya telah belajar banyak selama setahun di paroki ini. Saya belajar dari para pastor, dari umat dan secara khusus dari anak-anak OMK. Untuk itu saya amat bersyukur dan berterima kasih”, ujar Pastor Sunu, dalam misa perdananya (13/12/09). Setahun terakhir Sunu memang bertugas di paroki St.Yusuf, Cirebon. Sementara itu dalam sambutannya, Kushardjono OSC, pastor paroki, mengakui bahwa selama setahun Sunu telah berubah banyak. “Saya lihat ada banyak perubahan pada diri pastor Sunu. Bahkan potongan rambut dan kacamatanyapun ikut berubah” ujar Kushardjono disambut tawa umat.

Dalam kesempatan terpisah Pastor Sunu mengatakan: “Saya menjadi pastor bukan karena pantas. Dengan tahbisan, saya telah terikat pada gereja dan pada Allah”, ujar pastor yang pernah ingin menjadi dalang ini sungguh-sungguh. Misa perdana pastor baru yang dipadati umat ini berlangsung meriah. Pastor Sunu kelihatan tidak canggung dan penuh percaya diri memimpin misa. Pastor Didi Wirasmo Hadi Pr, Vikjen dari Bandung dan pastor Kushardjono OSC, turut mendampingi pastor baru. Selesai Misa, pastor baru diarak ke halaman depan gereja untuk melepas balon-balon yang telah disiapkan.

Paulus Sunu Sukmono Wasi Pr ditahbiskan bersama 6 rekan yang lain oleh Mgr. Johannes Pujasumarta Pr di Bandung (08/12/09). Imam baru kelahiran Yogya ini dikenal dekat dengan kaum muda. Seorang anggota OMK paroki St. Yusuf terlihat menangis ketika diumumkan bahwa pastor Sunu akan ditugaskan ke tempat baru, yaitu ke paroki St.Paulus, Bandung. Selama satu tahun penuh pastor Sunu memang bertugas mendampingi kaum muda paroki. “Kami sudah merasa sangat dekat dan cocok”, ujar Cahya dan Fina, anggota OMK.

Sunu Wasi yang gemar makan sayur bayem dan nasi goreng mempunyai motto: Manette in me, ego in vobis (Tinggallah di dalam aku dan aku di dalam kamu). “Bagi saya, yang penting adalah kedekatan dengan Allah. Karena itulah landasan hidup dan karya saya selanjutnya!”, ujar pastor baru ini mantap.

Heri Kartono OSC

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Bravo Pastor Sunu Wasi! proficiaaaattt......dengan imamatnya.

Lucas Nasution mengatakan...

semoga ada minat tetap mendalang

triastuti mengatakan...

Ya Bapa, berkatilah dan pimpinlah Pastor Sunu dalam seluruh perjalanan panggilan imamatnya dengan segenap tantangan dan suka dukanya, Amin

isnar@unpar.or.id mengatakan...

di parokiku juga diselenggarakan misa perdana Pst. Sigit Setyantoro, Pr.
semua umat yg telah misa 1, 2 dan 3 diundang untuk memberikan ucapan selamat sekaligus ramah tamah bersama.
trenyuh juga melihat semangat anak muda yang membara, terbakar cinta pada Allah dan Gereja-Nya.
semoga orang2 muda yang lain menyusul.